Resep Donat Labu Kuning Lezat dan Praktis

Jika dipostingan sebelumya saya sudah memberikan resep donat kentang empuk dan nikmat, pada postingan kali ini saya akan memberikan resep donat yag berasal dari labu kuning. Yaa, labu kuning juga bisa diolah menjadi donat, bahkan menurut saya sendiri donat labu kuning rasanya lebih enak daripada donat kentang ataupun yang lainnya. Teksturnya pun lebih halus dan lebih lembut ketika dimakan. Berikut resep donat labu kuning nikmat dan praktis.

Resep Donat Labu Kuning Lezat dan Praktis
Bahan-bahan :
250 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram labu kuning, kukus dan haluskan
1 butir telur, kocok
25 gram susu bubuk
6 gram ragi instan
5o gram gula pasir
¼ sendok teh garam
35 gram mentega
30 ml air dingin

Bahan topping:
Gula halus

Cara Pengolahan:
  • Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, aduk rata. Masukkan telur yang telah dikocok dan labu kuning aduk rata serta masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam kemudian uleni adonan donat sampai kalis. Kapan adonan donat tersebut dikatakan kalis, ketika adonan tersebut ketika di tarik tidak putus dan ketika adonan teersebut dilebarkan adonan bisa terlihat transparan dan tidak robek.
  • Setelah adonan kalis, bulatkan adonan dan tutup dengan kain lembab kemudian diamkan kurang lebih 30 menit.
  • Setelah adonan mengembang, bagi adonan masing-masing 35 gram kemudian bulatkan dan diamkan sekitar 30 menit.
  • Pipihkan adonan dan lubangi adonan kemudian tutup dengan kain lembab setelah itu diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  • Goreng adonan donat kedalam minyak panas dengan api sedang (untuk menggoreng donat, saya menggunakan minyak beku dan minyak goreng biasa sekaligus dengan perbandingan 70%-30% agar donat lebih empuk, itu ilmu yang saya dapat ketika ikutan cooking class dulu, hahaha....) .
  • Gunakan sumpit dan buat gerakan memutar pada lubang donat sampai donat merekah. Hal ini dilakukan untuk membuat donat bisa lebih bundar ketika digoreng.
  •  Perlu diperhatikan juga agar tidak membolak-balikan donat berkali-kali agar donat tidak berminyak.
  • Setelah donat berwarna kuning keemasan angkt donat dan tiriskan.
  • Taburi donat tadi dengan gula halus sampai rata. Donat labu kuning lezat pun siap disajikan.
Dalam membuat donat labu ini nantinya ketika anda menguleni adonan mungkin sangat lengket, ini disebabkan kandungan air pada labu yang tinggi, makanya saya sarangkan agar labu dikukus untuk meminimalisir kandungan air dalam labu.Jika adonan lengket tidak masalah, anda tinggal menambahkan tepung sedikit pada adonan. Nah bagaimana mudah bukan membuat resep donat labu kuning lezat dan praktis. Selamat mencoba.

Waktu persiapan : 3 jam
Porsi : 15 buah

Related Posts:

0 Response to "Resep Donat Labu Kuning Lezat dan Praktis"

Posting Komentar