Resep membuat mayonaise lezat dan praktis

Tentu kita tidak asing jika mendengar kata mayonaise bukan? Ya, mayonaise merupakan jenis dressing dasar untuk pembuatan dressing lainnya, misalkan, cocktail, tar tar, french dressing, thousand island, dan lain-lain. Kegunaan dressing pun sangat banyak, yakni untuk dressing aneka salad sampai coletan kentang pun juga enak.
Sebenarnya untuk membuat mayonaise itu sendiri sangatlah mudah. Kita bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang sering kita jumpai dan tentunya tanpa menggunakan bahan pengawet. Untuk itu pada postingan kali ini saya akan memberikan resep membuat mayonaise lezat dan praktis. Dan berikut adalah resep bagaimana membuat mayonaise lezat dan praktis.

Mayonaise Lezat dan Praktis

Bahan-bahan :
2 kuning telur
1 sendok makan mustard
500 ml salad oil
Garam dan merica secukupnya
1 sendok makan perasan jeruk nipis

Cara pengolahan :
  1. Masukkan kuning telur, mustard, L&P sauce, garam dan merica. Aduk rata.
  2. Masukkan salad oil sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan gerakan searah jarum jam.
  3. Jika adonan mayonaise mulai mengental dan adukan terasa berat, masukkan sedikit air es agar adonan mayonaise lebih lumer.
  4. Setelah mayonaise mengembang dan kental masukkan sedikit perasan jeruk nipis agar rasa mayonaise lebih enak dan segar.
  5. Mayonaise siap disajikan.

Dalam pembuatan mayonaise tentu akan muncul pertanyaan, bagaimana jika tidak menggunakan salad oil? Bagaimana jika menggunakan minyak goreng biasa?tentu saja bisa, cuman jika kita menggunakan minyak goreng biasa, mayonaise tidak akan bisa bertahan lama, dengan kata lain hanya bisa sekali pakai, berbeda jika kita menggunakan minyak salad, mayonaise akan bisa bertahan 1 minggu dilemari es. Ini dikarenakan kadar lemak pada minyak goreng lebih tinggi daripada minyak salad sehingga mempengaruhi tekstur dan ketahanan mayonaise itu sendiri.
Dalam pembuatan mayonaise juga perlu diperhatikan  cara mengaduk adonannya, karena jika salah mengaduknya, mayonaise akan pecah. Cara mengaduk yang benar adalah dengan mengaduk adonan searah jarum jam dengan menuangkan salad oil/minyak salad sedikit demi sedikit dan kecepatan mengaduknya juga harus konstan. Aduk adonan dari tengah kesamping agar adonannya rata.
Kemudian bagaimana bila mayonaise yang kita buat tadi pecah, apakah dibuang? Jangan! Karena mayonaise tersebut masih bisa digunakan. Bagaimana caranya ? Yakni dengan membuat adonan baru, kemudian lakukan seperti pada langkah 1 dan ke 2, kemudian masukkan lagi adonan mayonaise yang rusak tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk, lakukan sampai mengembang.
Nah, bagaimana, mudah bukan membuat resep mayonaise lezat dan praktis. Sekarang saatnya anda mencobanya dirumah. Selamat mencoba.

Related Posts:

0 Response to " Resep membuat mayonaise lezat dan praktis"

Posting Komentar